iklan

Selasa, 27 September 2011

copet

bagi warga palembang, pasti kenal dengan salah satu angkutan umum bis kota jurusan KM 12. bis berukuran sedang full music remix yang bikin jantung jedag jedug, ditambah lagi dengan aksi sopir yang suka tarik gas dan rem mendadak sehingga penumpang harus kuat mental, jiwa, dan raga untuk mengantisipasi aksi itu agar tidak terjungkal dan tetap berada di posisi masing-masing. belum lagi kenek yang suka memukul-mukul kaca jendela atau pintu belakang dengan menggunakan uang koin recehan atau batu kerikil kecil setiap kali ada penumpang yang naik atau turun.

kondisi tidak nyaman itu diperparah oleh rumor yang beredar bahwa bis kota jurusan KM 12 itu rawan aksi pencopetan. terkadang mereka berkomplotan dalam melancarkan aksi copet mencopet tersebut.
sekedar berbagi cerita, tadi sore saya kembali bertemu dengan makhluk yang panjang tangan itu. semenjak berangkat dari indralaya sekitar pukul 17.00 WIB perasaan saya sudah tak enak. di dalam bis yang tertera tulisan jurusan indralaya-bukit besar itu saya mulai grasak-grusuk. mengecek handphone dan dompet saya, apakah masih berada di tempatnya atau tidak. alhamdulillah masih.

karena merasa kurang nyaman, maka saya putuskan untuk tidur sepanjang perjalanan.
setiba di simpang pamor, bis yang saya tumpangi menurunkan penumpang. tetapi saya tetap berada di bis karena berpikir untuk mencari bis di pangkal ampera saja.
di pangkal ampera saya turun, satu bis jurusan KM 12 berhenti dan menaikkan penumpang yang satu bis dengan saya tadi. perasaan saya masih tak enak, saya memilih untuk menanti bis yang lain karena bis tadi juga lumayan penuh penumpang.

akhirnya tiba bis jurusan KM 12 berikutnya. bisnya tidak terlalu ramai, dan saya pun akhirnya naik bis tersebut. perasaan tambah tak keruan. saya tetap mencoba tenang. tas ransel dan tas jinjing saya peluk erat-erat. sementara itu handphone saya keluarkan dan saya genggam tak kalah erat dengan ransel dan tas jinjing. saya merasa handphone saya kurang aman bila ada di dalam tas. takut kalau pencopet bisa membuka tas saya dengan lihai.

di dalam bis itu, ada seorang wanita cantik berjilbab duduk di bangku dekat pintu. saya memperhatikan wanita itu. entah kenapa saya tidak mengalihkan pandangan dari wanita itu. kemudian wanita itu memberitahu kernet bis untuk berhenti. lalu ada seorang pria bertopi yang pindah tempat duduk ke bangku tepat di belakang wanita itu dan lelaki itu duduk sejajar dengan saya. dengan sigap pria itu mencoba membuka tas wanita itu, saya reflek menepis tangan pria bertopi itu sambil berkata "eh". si pria itu gagal melancarkan aksinya. sebelum berpindah tempat duduk, pria itu melotot sambil menunjuk ke arah saya dan mengumpat tak jelas. saya tertunduk. pria itu kembali duduk di bangku paling belakang.

sementara itu wanita tadi telah turun dari bis dan dia tidak sadar bahwa ia hampir menjadi korban pencopetan. saya yang masih berada di dalam bis mengamati sekeliling dengan perasaan was-was. mayoritas lelaki. saya ingin turun dan pindah bis, tapi rasanya akan sama saja, mana pula hari mulai gelap karena sudah magrib sekitar pukul 18.10 WIB. saya putuskan tetap di bis itu dengan kewaspadaan super extra.
sepanjang jalan sampai kosan saya komat-kamit berdoa agar dilindungi Allah. seperti orang aneh yang memeluk erat tas sambil komat-kamit di bis itu, saya tidak peduli. saya ingin segera turun dan mengamankan diri dari pencopet yang tertangkap tangan tadi.

akhirnya saya tiba di depan sebuah tempat kursus yang tidak jauh dari kosan saya. saya putuskan turun disana karena disana agak ramai. jadi saya sedikit aman dari intaian pencopet tadi.
ketika saya turun dan bis itu berjalan, ada sesuatu yang melempar saya. arahnya dari pintu belakang bis yang saya tumpangi tadi. saya tetap komat kamit berdoa. hingga tiba dikosan pun jantung saya masih jedag jedug. -_-"

waspadalah bila berada di dalam bis. bila anda merasa curiga pada seseorang, beralih tempat duduklah. cek baik-baik barang bawaan anda. simpan barang berharga seperti handphone dan dompet di bagian tengah dalam tas agar sulit dijangkau pencopet.
hati-hati bila naik bis jurusan KM 12 !!!


salam,
syarizaeci
27 september 2011

1 komentar:

jadi inget waktu si wawan kecopetan :'(
kami naek bis km.12 dong itu..
semoga Tuhan memberikan rezeki yang berlimpah kepada si pencopet, supaya dia menyudahi aksi mencopetnya.. amin..

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More